Kesalahan Membersihkan Wajah Yang Menimbulkan Jerawat

Kesalahan yang menimbulkan jerawat. Pembahasan tentang jerawat seolah tidak pernah ada habisnya, memang topik yang satu ini tergolong paling popular dan selalu dicari. Karena permasalahan jerawat tentu berhubungan langsung dengan penampilan seseorang, orang rela mengeluarkan uang banyak asalakan jerawat hilang dan wajah menjadi rutih, mulus dan cantik. 
kesalahan perawatan wajah menimbulkan jerwat

Di internet banyak sekali tips – tips seputar perawatan wajah seperti : cara membersihkan wajah, cara memutihkan wajah, membuat masker dan lain sebagainya. Terkadang membuat kita bingung tips yang mana yang harus diikuti. Inti dari persoalan jerawat sebenarnya adalah bagaimana kita menjaga kebersihan wajah dan menjaga pola makan yang tepat. Muka yang kurang terjaga kebersihannya tentunya akan member peluang kepada kotoran untuk masuk ke ubang pori – pori, ini berpotensi menimbulkan masalah pada kulit wajah seperti jerawat. 

Menghilangkan jerawat tidak terbatas pada menemukan obat jerawat yang tepat, lebih dari itu kita juga harus menjaga kebersihan muka dengan cara yang benar. Kebiasaan yang salah atau kesalahan dalam menjaga kebersihan wajah akan berakibat fatal, seperti iritasi dan timbulnya jerawat. 

Berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam membersihkan wajah yang dapat menjadi penyebab jerawat anda :

1. Tidak Menjaga kebersihan Tangan. Setiap harinya dalam menjalankan aktifitas tangan kita akan dipenuhi dengan bakteri. Untuk itu tangan kita bisa menjadi sarana perpindahan bakteri, jika kita makan maka kita akan mengkoinsumsi makanan yang tercemar, jika mengusap muka tentunya bakteri akan berpindah ke muka selanjutnya akan mengakibatkan masalah pada kulit wajah misalnya timbulnya jerawat. Untuk itu sebelum melakukan perawatan pada wajah sebaiknya kita cuci tangan dengan menggunakan sabun hingga bersih. 

2. Penggunaan Facial Wash Yang Tidak tepat. Untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan ter hinder dari jerawat, kita dapat menggunakan facial wash. Produk ini bisa membersihkan wajah dari kotoran dan bekas make up, tanpa menghilangkan kelembaban dan sel-sel kulit yang masih sehat. Setiap pembersih wajah dibedakan peruntukannya baik untuk kulit wajah berminyak, kering dan jenis kulit lainnya. Kesalahan memilih produk, sehingga tidak sesuai dengan jenis kulit wajah akan merusak kulit wajah. 

3. Terlalu Sering Mencuci Wajah. Sering – sering mencuci wajah memang bagus, kulit wajah akan menjadi bersih, namun jika terlalu sering justru akan berakibat tidak baik pada kulit wajah. Terkadang orang memiliki pemikiran yang salah kaprah dengan mencuci wajah terlalu sering, ini berakibat kulit wajah menjadi kering dan iritasi. Kalau sudah begini, masalah lain akan timbul juga seperti jerawat. 

4. Dalam Membilas Wajah Kurang Bersih. Mungkin anda tidak menyadari bahwa mencuci wajah namun kurang bersih dalam membilasnya juga dapat menimbulkan masalah pada kulit muka. Sisa sisa sabun atau bahan pembersih yang tertinggal bisa saja menyumbat pori – pori wajah, inilah yang berpotensi menimbulkan jerawat. 

5. Mencuci muka dengan air panas. Ini tidak baik untuk kulit wajah, air panas akan membuat kulit wajah menjadi kering. Sebaliknya air yang terlalu dingin seperti es juga tidak baik karena membuat pembuluh darah pada wajah menjadi rusak . Sebaiknya gunakan air dingin biasa yang tidak panas juga tidak terlalu dingin. 


Tips Cara Memilih Produk Pembersih Wajah 

1. Memilih produk pembersih wajah. Itu adalah hal yang penting, terutama yang menyangkut kualitas dan keamanan jika produk tersebut dipakai. Berikut ini adalah beberapa tips cara memilih produk pembersih wajah. Ada banyak jenis-jenis pembersih wajah yang harus Anda ketahui sebelum pergi berbelanja, diantaranya : 

- Daily Cleansers (pembersih harian). Seperti namanya, daily cleanser biasa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Pada umumnya tekstur dari pembersih harian ini hadir dengan bentuk yang lembut dan ringan saat tersentuh kulit. Fungsinya sendiri sebagai penghapus make up dan kotoran. Biasa dipakai pada pagi dan malah hari. 

 - Skin Scrubs . Jenis yang kedua adalah skin scrubs, fungsinya untuk exfloating dan teksturnya biasa dalam bentuk butiran kecil yang mampu mengelupaskan dan mengungkap kulit baru. Dengan fungsinya tersebut, Anda dapat menggunakan pembersih wajah ini untuk menumpas sel-sel kulit mati dan bagian-bagian kulit yang kering. 

 - Skin Masks (masker kulit). Seperti namanya, pembersih wajah yang satu ini hadir untuk digunakan sebagai sebuah masker. Anda dapat menerapkannya pada bagian wajah, lalu tunggu hingga mengering, lalu bilas hingga bersih. Skin masks sendiri biasanya digunakan untuk mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori. 

 - Specialised Cleansers (pembersih khusus). Beberapa jenis pembersih memiliki kemampuan khusus yang sesuai dngan kebutuhan. Misalnya saja khusus sebagai pembersih, perawatan, memperbaiki tekstur kulit, menghilangkan noda, komedo ataupun kerutan. 

- Anti Aging. Sama seperti namanya, pembersih wajah anti-aging digunakan untuk wanita di atas 30 tahun, yang mana diperuntukan untuk mencegah timbulnya garis-garis halus dan proses penuaan dini lainnya. 

Jenis pembersih wajah selanjutnya yang harus Anda ketahui sebelum memilih dan membeli adalah toner. Facial cleanser ini berguna untuk menghilangkan kotoran dan make up di wajah. Selain itu, toner juga bersifat menyegarkan, sehingga biasanya memiliki suhu yang dingin ketika tersentuh kulit. Selain itu, toner juga kadang digunakan untuk jenis kulit tertentu, seperti dan kering. 

2. Pertimbangkan Harga. Harga sangat menentukan apakah suatu produk pembersih wajah tersebut berkualitas atau tidak. Namun begitu, Anda tidak boleh terkecoh pula dengan harga yang mahal. Terkadang harga mahal belum tentu berkualitas. Oleh sebab itu, belilah produk pebersih wajah dari toko yang memang sudah terkenal atau sudah dipercaya dan digunakan oleh banyak orang. 

3. Pilih Merek Produk. Sama seperti harga, merek juga mengambil andil yang penting untuk mengetahui apakah produk tersebut layak dibeli atau tidak. Anda bisa melihat review dari para konsumen tentang merek tersebut, apakah cukup baik atau buruk. Namun begitu, perlu diingat bahwa merek yang sudah terkenal terkadang memiliki sifat atau hasil yang tidak terlalu mencolok. Mereka lebih mementingkan masalah keamanan pemakai dibandingkan hasil yang instan. Oleh sebab itu, curigailah merek-merek yang memberikan slogan-slogan yang berlebihan atau terkesan instan. 

4. Periksa Sertifikasi Produk. Tips memilih produk pembersih wajah yang terakhir adalah dengan mencari tahu apakah produk tersebut tersertifikasi di Badan POM atau tidak. Jika ada, maka kemungkinan besar produk tersebut baik untuk digunakan. Jika tidak ada sertifikasi, maka sudah sepantasnya patut dihindari, karena bisa saja ada campuran bahan-bahan berbahaya maupun najis, misalnya minyak babi di dalamnya.Membersihkan wajah merupakan langkah penting dalam perawatan kesehatan kulit wajah agar terhindar dari kerusakan kulit ataupun penyakit kulit seperti jerawat.

0 Response to "Kesalahan Membersihkan Wajah Yang Menimbulkan Jerawat"

Poskan Komentar