Inilah Penyebab Jerawat Tumbuh Terus Menerus

Penyebab jerawat tumbuh terus menerus. Anda mengalaminya??? berikut ini adalah penyebab dan cara mudah mengatasinya.Teman - teman yang sedang membaca artikel saya ini mungkin salah satu dari sekian banyaknya pemilik jerawat yang nggak sembuh - sembuh. Dibilang seperti itu karena jerawat pada wajah tumbuh silih berganti padahal jerawat yang lama bekasnya belum hilang, ini berarti disamping bermasalah dengan jerawat yang terus tumbuh juga ada problem tambahan yaitu bekas jerawat yang masih menempel.

Pada banyak literatur disebutkan tentang beberapa penyebab jerawat, namun sebenarnya persoalan jerawat tidak sesederhana itu, ada banyak faktor yang mempengaruhi sehingga jerawat tumbuh terus menerus yang mengakibatkan kerusakan pada kulit wajah. Lalu apa sih yang menjadi penyebab jerawat tumbuh terus menerus?

penyebab jerawat tumbuh terus menerus


Berikut ini ada banyak faktor yang mempengaruhi tumbuhnya jerawat yang tumbuh terus menerus nggak sembuh sembuh antara lain :

Penyebab 1 : Gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu faktor tumbnyanya jerawat. Orang yang suka minum alkohol, perokok, kurang istirahat dan stres, bisa meningkatkan hormon androgen. Androgen dapat meningkatkan produksi kelenjar minyak, akibatnya  minyak bisa tersumbat, apalagi jika di permukaan kulit tertutup oleh make-up maka akan meradang dan tumbuh jerawat.

Penyebab2 : Penggunaan kosmetik yang tidak cocok kebanyakan kasus pemakai bedak atau foundation yang bertesktur creamy atay two way cake, penggunaan kosmetik dengan kadar alkohol tinggi lebih berpotensi jerawatan, selain itu jarang membersihkan wajah setelah penggunaan kosmetik juga menjadi pemicu terjadinya jerawat.

Penyebab 3 : Genetik atau faktor keturunan. Ini adalah faktor penyebab tumbuhnya jerawat yang merupakan turunan dari orangtua. Ketika orangtuanya berjerawat, maka aktivitas kelenjar minyak si anak menjadi lebih produktif, sehingga jerawat akan sangat mudah timbul, kasus seperti ini sangat jarang terjadi tetapi kalo ada kasus seperti ini paling sulit untuk diobati.

Penyebab 4 : Hormon berperan sangat besar dalam pembentukan jerawat. Maka tidak heran, ketika menjelang haid kulit sering muncul jerawat, karena pada saat itu hormon tidak seimbang. Hormon pada jerawat disebut hormon androgen. Nah androgen meninggi saat masa pubertas, mendekati siklus haid dan stres. Hal ini juga yang menyebabkan banyak remaja usia 15-20 th tumbuh jerawat.

Penyebab 5 : Makanan. Penyakit apapun bisa datang sebagai akibat dari mengkonsumsi makanan tertentu. Makanan yang  terlalu berlemak dan makanan dengan kadar gula tinggi seperti es krim juga merupakan penyebab tumbuhnyanya jerawat.

Penyebab 6 : Malas membersihkan wajah setelah aktifitas di luar rumah.Ribuan partikel berbahaya dan kuman yang bertebaran di udara juga bahaya bagi kesehatan kulit, ini tentu berpotensi menimbulkan jerawat pada wajah.

Penyebab 7 : Gemar memencet jerawat. Hobi memencet jerawat ternyata akan berdampak buruk pada kulit wajah. Jerawat yang kita pencet sehingga keluar nanahnya, bakterinya akan cepat merambat pada bagian kulit lain yang tidak terkena infeksi. Inilah yang membuat jerawat tumbuh terus menerus.

Penyebab 8 : Sering mengkonsumsi makanan berminyak. Artinya jenis makanan yang serba digoreng. Makanan gorengan memang enak buat camilan, namun jika berlebihan akan merangsang tumbuhnya jerawat. Tahukah anda ? Jerawat itu tumbuh karena terdapat lapisan minyak di bawah kulit yang berlebihan di tambah dengan campurnya debu di luar lingkungan anda yang begitu mudah menempelnya di wajah akibat wajah penuh dengan minyak.


Penyebab 9 : Serinr menyentuh wajah dengan tangan atau kuku.Tanpa dia tahu akan sangat bahanya itu khsusnya bagi orang yang berjerawat.Sudah tahu kan bagian tubuh yang paling banyak bakteri dan kuman yaitu pada bagian tangan. Hal hal itu hanya membuat kulit menjadi infeksi dan bakteri penyebab jerawat cepat menyecar dengan sangat cepat.Usahakan memakai sapu tangan atau kain untuk menyentuh wajah jika darurat.

Penyebab 10 : Menempelkan Kulit wajah pada Kasur / Bantal yang jarang Di bersihkan
Ini juga membuat kita tidak sadar , Pasti saat tidur enak sekali rasanya untuk berdekatan dengan bantal sampai menyentuh kulit permukaan pada wajah kita. Tahukah anda bakteri di bantal itu jumlahnya jutaan hampir seperti tangan kita dan penelitian membuktikan 100% sel kulit mati banyak yang menempel pada bantal atau kasur yang kalian jadikan tempat tidur.
Inilah yang menjadi penyebab jerawat tumbuh terus walaupun sudah diobati.

Penyebab 11 : Memakai produk perawatan wajah yang tidak aman. Zat kimia yang terkandung pada produk perawatan wajah sangat berbahaya untuk kulit wajah, akibatnya bisa merusak kulit wajah, bagi yang jerawatan ini justru akan membuat jerawat sulit untuk diobati bahkan berkembang parah. Bisa juga kita pakai produk sabun bayi, ini justru tidak berbahaya, lembut di wajah dan tidak membuat infeksi pada kulit wajah. 


Penyebab 12 : Membersihkan Muka atau Menyentuh Muka dengan Kasar. Memperlakukan kulit wajah dengan kasar dengan menggosok pakai tangan atau handuk kasar berdampak buruk pada wajah, apalagi jika wajah tersebut berjerawat. Itu akan membuat lapisan bawah permukaan kulit menjadi infeksi dan terluka.Yang ujung – ujungya jerawat menjadi tumbuh dengan cepat sesaat kita melakukan itu.

Penyebab 13 : Jarang berolah raga. Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah tidak keluarnya racun pada tubuh yang tidak sempurna. Kita bisa mengeluarkanya dengan metode olahraga tidak usah berat – berat cukup lari pagi atau melakukan push-up setiap hari di rumah sampai – keringat keluar dari tubuh.


MENGATASI JERAWAT YANG TUMBUH TERUS MENERUS

Hal yang paling penting dalam perawatan kulit dan penyembuhan jerawat yang tumbuh terus menerus selain di obati dari luar juga menerapkan pola hidup sehat agar metabolisme dalam tubuh dna proses ekskresi lebih baik, akan membantu proses pembuangan zat yang tidak diperlukan di dalam tubuh. Bagaimana pola hidup sehat yang seharusnya dilakukan :

  • Minum air putih secukupnya usahakan 2 liter setiap hari (0,6 x berat badan)
  • Menjahui stress dan banyak pikiran, usahakan selalu rileks
  • Perbanyak makan sayur dan buah buahan terutama yang dapat membantu membakar lemak seperti jeruk lemon, jahe merah untuk minuman, cuka apel, apel, jeruk, brokoli dll.
  • Cuci muka dgn air bersih (pakailah air mineral), karena bisa jadi air ledeng di rumah mengandung kadar besi yang terlalu tinggi
  • Rutin mencuci handuk, helmet dan bantal ataupun sprei
  • Jangan memencet paksa, kecuali oleh alat yang tepat
  • Cuci muka dengan sabun khusus cukup 2x/hari agar bisa mengurangi kelebihan minyak. Jangan terlalu sering karena justru bisa menghilangkan kelembaban yang dibutuhkan oleh kulit
  • Usahakan hindari makanan fastfood, minuaman dengan pemanis buatan & minuman bersoda
  • Rajin ber-olah raga minimal 30 menit sehari kalau tidak bisa 2 hari sekali agar lemak dalam tubuh dibakar menjadi energi
  • Rajin merawat wajah dengan bahan-bahan alami seperti yang sering kita bahas.
 Jika saat ini anda mengalami jerawat yang nggak sembuh sembuh, pelajari cara menghilangkan jerawat

0 Response to "Inilah Penyebab Jerawat Tumbuh Terus Menerus"

Posting Komentar