Penyebab Jerawat Yang Wajib Anda Ketahui

Penyebab Jerawat. Penyakit kulit yang satu ini memang sudah menjadi permasalahn umum bagi sebagian besar orang. Jerawat sering dialami orang tanpa memandang umur dan jenis kelamin. Tak heran banyak orang menjadi putus asa karena tidak tahu apa sebenarnya yang menjadi penyebab jerawat sehingga bingung sebenarnya bagaimana cara menghilangkan jerawat yang efektif .

Jerawat memang masih misteri, karena walaupun kita tahu apa yang menjadi penyebab jerawat dan sudah menghindarinya tetap saja masih timbul jerawat. Itu terjadi karena jerawat bisa timbul tidak hanya karena faktor makanan. Ada kondisi tertentu dan kebiasaan sehari - hari yang tidak kita sadari padahal merupakan penyebab jerawat.
Sebenarnya jerawat yang timbul ditandai dengan adanya peradangan yang dikarenakan adanya infeksi pada folikel rambut yang tersumbat oleh percampuran sel kulit mati, kotoran dan sebum (zat yang diproduksi kelenjar minyak yang berfungsi mencegah kekeringan pada kulit).

Lalu mungkin kita semua akan ber pikir mengapa semua itu bisa terjadi? Factor apa saja yang dapat menjadi pendorong atau penyebab hal – hal di atas hingga bisa timbul jerawat.
Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab jerawat yang umum ditemukan di masyarakat :
  • Efek samping penggunaan kosmetik. Bahan – bahan yang terkandung dalam produk kosmetik belum tentu cocok dengan jenis kulit tertentu, pada akhirnya akan berakibat terjadinya iritasi dan jerawat, lebih parah lagi dapat menimbulkan kerusakan permanen pada kulit wajah.
  • Perubahan hormon. Diperkirakan bahwa jerawat yang terjadi pada orang-orang dewasa disebabkan oleh perubahan kadar hormon. Delapan dari sepuluh kasus jerawat pada orang dewasa, terjadi pada wanita, karena wanita lebih sering mengalami perubahan hormon pada masa-masa tertentu, yaitu ketika menstruasi dan kehamilan. Jerawat kerap muncul pada sebagian wanita menjelang periode menstruasi. Sedangkan pada wanita hamil, jerawat biasa muncul pada tiga bulan pertama kehamilan. Bagi wanita yang mengalami kondisi yang disebut sindrom ovarium polikistik, selain munculnya jerawat, naiknya berat badan serta munculnya kista kecil di dalam ovarium juga bisa terjadi.
  • Masa pubertas. Faktor ini sering dikaitkan dengan penyebab timbulnya jerawat. Hal ini biasanya dialami oleh remaja. Pada masa pubertas, produksi sebum oleh kelenjar minyak akan meningkat seiring dengan tingginya produksi hormon testosteron. Dan terkadang, produksi sebum tersebut melebihi kuantitas yang dibutuhkan oleh kulit.
  • Efek samping penggunaan kosmetik. Jenis kosmetik tertentu mengandung bahan - bahan yang kurang aman bagi kulit yang sensitif. Salah satu akibatnya adalah munculnya jerawat, untuk itu gonta ganti kosmetik tidak disarankan.
  • Kecanduan merokok.
  • Stres. Terlalu banyak stres juga bisa membahayakan kesehatan Anda, dan salah satunya menyebabkan kulit berjerawat.
  • Efek samping obat-obatan. Hal ini biasanya terjadi pada penggunaan obat lihium, steroid, dan antiepilepsi. Suplemen vitamins B2, B6, dan B12 juga dapat menyebabkan efek samping berupa jerawat.
  • Keturunan. Jika kita memiliki orang tua yang pernah yang bermasalah dengan jerawat, maka kita berisiko besar mengalami hal yang sama. Bahkan tingkat keparahan jerawat bisa saja lebih tinggi terutama sebelum memasuki usia dewasa.
Disamping hal - hal di atas faktor makanan juga dapat menjadi penyebab jerawat. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang berpotensi menyebabkan jerawat seperti berikut ini :
  • Minuman bersoda. Soda sangat menciptakan inflamasi pada tubuh Anda, karena bahan minuman segar ini mengandung aspartame yang dapat meningkatkan jerawat. Soda bisa menurunkan tingkat pH, sehingga dapat menyebabkan jerawat.
  • Gula. Asupan gula tinggi dan diet dengan indeks glikemik tinggi bisa diletakkan pada daftar tertinggi makanan-makanan yang bisa menyebabkan jerawat. Gula yang disiapkan dalam bentuk apapun bisa menyebabkan lonjakan hormon tertentu yang memproduksi jerawat. Makanan seperti cokelat manis, atau makanan manis lainnya bersifat meningkatkan kadar gula darah, yang akhirnya bisa memicu jerawat. Untuk mendapatkan kulit Anda yang bebas jerawat, Anda harus menghindari gula sebanyak mungkin.
  • Susu. Susu sapi memang mengandung banyak nutrisi dan hormon pertumbuhan. Namun hormon pertumbuhan ini juga dapat menyebabkan jerawat. Susu juga bisa meningkatkan produksi insulin dalam tubuh, yang juga bisa menyebabkan munculnya jerawat. Susu dan produknya seperti keju bisa meningkatkan jerawat .
  • Gluten. Gluten juga bisa menjadi biang masalah jerawat dikulit Anda, karena zat ini menyebabkan peradangan dan masalah pencernaan yang terkait jerawat. Makanan mengandung gluten tinggi umumnya adalah tepung terigu, sereal, roti, gandum, dan pasta, yang bisa menjadi penyebab terbesar dari peradangan dalam tubuh Anda, dan keluar kepermukaan kulit sebagai jerawat pada kulit. Gluten memiliki efek samping yang mirip seperti gula, jadi cobalah untuk menghindari makanan ini untuk mendapatkan kulit yang sehat.
  • Minyak sayur. Minyak trans dan minyak sayur yang diproses merupakan faktor utama penyebab kulit berjerawat. Hal ini termasuk minyak canola, minyak jagung, margarin, dan minyak sayur lainnya, bisa merangsang peradangan. Sebaik-baiknya adalah menghindari sebanyak mungkin makanan yang digoreng, dan kalaulah memang terpaksa, bisa menggunakan minyak kelapa untuk menghindari pertumbuhan jerawat Anda.
  • Garam. Sayur kurang garam, kurang enak kurang sedap. Garam memang penting, namun jika berlebihan garam bisa menyebabkan pembengkakan pada jaringan dan membuat wajah terlihat bengkak. Jangan mengkonsumsi garam beryodium terlalu banyak, karena salah satunya bisa menyebabkan jerawat. Sayangnya makanan olahan seperti sayur atau ikan kalengan, camilan kacang biasanya banyak mengandung garam, solusinya bisa di bilas sebelum dikonsumsi.
  • Permen. Makan permen sama halnya dengan meningkatkan kadar gula, yang bisa menyebabkan jerawat, kulit menjadi keriput dan tidak sehat. Gula bersifat merusak kolagen dan serat elastin pada kulit, yang berguna untuk menjaga kekencangan kulit. Selain menyebabkan jerawat, permen juga bisa menyebabkan kulit kering dan membuat keriput dini dan kulit kendur. Jadi berhati-hatilah dengan permen.
  • Makanan pedas. Sebagian orang mengatakan, makanan tak pedas itu hambar dan tak sedap. Namun mengkonsumsi berlebihan makanan pedas bisa menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan Anda. Hal ini pada akhirnya bisa menyebabkan sensasi peradangan di saluran pencernaan Anda, dan menimbulkan jerawat pada kulit. Makanan pedas juga akan meningkatkan sirkulasi darah ke wajah, yang bisa membuat wajah menjadi kemerahan. Oleh karena itu, orang yang bermasalah dengan jerawat harus menghindari makanan pedas atau menguranginya, serta melakukan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi kulit. Disarankan untuk mengendalikan atau mengobati jerawat pada tahap awal. Jerawat bisa disembuhkan dengan cara membersihkan pori-pori, atau menggunakan obat yang diresepkan oleh dokter.
  • Kafein. Kafein bisa terdapat dalam semua jenis teh, cokelat, minuman soda, kopi, minuman energi, dan minuman penghilang rasa sakit. Kafein akan merangsang kelenjar adrenalin untuk melepaskan hormon stres, yang dapat meningkatkan stres. Kafein juga berpotensi mengganggu tidur, sehingga Anda tidak bisa tidur pulas. Tidur malam adalah istirahat yang sangat penting untuk perbaikan fisik dan detoksifikasi tubuh Anda. Nah, kondisi kurang tidur ini bisa semakin memperburuk jerawat pada kulit Anda.
  • Makanan olahan. Setiap makanan olahan atau yang dibungkus buruk bagi kulit dan kesehatan Anda pada umumnya. Makanan olahan yang sangat lembut bisa menyulitkan pencernaan yang tepat. Hal ini bisa menyebabkan banyak reaksi alergi, peradangan, dan jerawat.
Demikianlah beberapa hal yang diketahui sebagai penyebab jerawat. Memang penting untuk mengetahui hal - hal yang dapat menyebabkan jerawat, paling tidak dengan menghindari hal - hal tersebut kita dapat mengurangi potensi timbulnya jerawat. Disamping itu perawatan kulit wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah juga penting dilakukan untuk mencegah penuaan dini dan juga mencegah jerawat itu sendiri, dan yang lebih penting lagi adalah menghindari hal- hal yang menjadi penyebab jerawat.

0 Response to "Penyebab Jerawat Yang Wajib Anda Ketahui"

Posting Komentar